ANTARA News

Jumat, 25 Maret 2016

Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme - Max Weber


Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme ini bisa dibilang karyanya yang paling penting. Di wajah itu Protestan Ethic dan Spirit of penawaran Kapitalisme dengan koneksi antara revolusi Protestan dan bangkitnya kapitalisme, dengan Max Weber mencoba untuk memperhitungkan fakta Protestan tampaknya melakukan lebih baik dalam lingkungan kapitalis bila dibandingkan dengan lainnya agama (khususnya Katolik). Namun, titik utama Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme tidak hanya itu keyakinan agama harus dilakukan dengan perilaku ekonomi, tetapi juga Protestan dan kapitalisme merupakan dua wajah dari fenomena modern disebut oleh Weber sebagai rasionalisasi

Pada awal Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme, Weber menunjuk ke hubungan antara keyakinan agama dan perilaku ekonomi. Dia menimbulkan gagasan pemikiran Protestan bisa dikaitkan dengan apa yang dia sebut "semangat kapitalisme". apa Protestan dan kapitalisme memiliki kesamaan adalah "kesediaan untuk terlibat dalam perilaku yang rasional." pemikiran Protestan melayani kapitalisme dalam konsepsi kerja keras dan estetika . sebagai kewajiban moral Menurut Weber kapitalisme dan Protestan benar-benar mengatakan hal yang sama: bekerja keras, mengumpulkan modal, menjadi rasional.

Dalam Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme Weber menunjukkan bagaimana pandangan Calvinis keselamatan terlibat perubahan perilaku praktis terhadap rasionalitas yang lebih besar dan demistifikasi atau kekecewaan dunia.
Aspek lain yang sangat penting dari Weber Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme adalah pandangannya tentang keterkaitan antara konsepsi dan ide-ide (di sini, keyakinan agama) sebagai aspek sosial seperti perilaku ekonomi dan stratifikasi sosial . Tidak seperti Marx yang berpikir bahwa dunia ide di didirikan pada realitas ekonomi dan material, Weber diadakan dan menunjukkan bahwa hubungan kedua lebih kompleks dan dua arah.

Sumber:
culturalstudiesnow.blogspot.com
Supawi Pawenang dalam mata kuliah LEB

www.uniba.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar