ANTARA News

Jumat, 25 Maret 2016

Pengantar Pemikiran Max Weber


Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme (PESC) awalnya diterbitkan oleh Max Weber dalam dua bagian di 1904-1905. Weber kemudian direvisi dan re-menerbitkan buku pada tahun 1920 sebagai bagian dari studi komparatif, Etika Ekonomi Agama-Agama Dunia.

Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme tidak hanya teori munculnya kapitalisme. Seperti Weber mengatakan itu adalah tentang peran agama dalam kehidupan ekonomi, yang membahas hanya salah satu bagian dari kebangkitan kapitalisme.

Salah satu aspek yang sangat penting dalam Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme adalah ideal (bukan materi) persepsi. Weber sering bertentangan dengan Karl Marx dalam hal ini. Marx berpendapat bahwa eksistensi sosial membentuk kesadaran, bukan sebaliknya.   Posisi Weber lebih kompleks dan bilateral:
Dia menyatakan bahwa ide-ide dan persepsi bermain tidak sepenuhnya otonom atau peran murni pasif dalam sejarah dan masyarakat.



Dalam Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme Weber menulis:

"Tidak ide, tetapi bahan dan kepentingan ideal, langsung mengatur perilaku laki-laki. Namun sangat sering" dunia gambar "yang telah diciptakan oleh ide-ide telah, seperti switchmen, ditentukan trek sepanjang yang tindakan telah didorong oleh dinamika yang menarik".

Ide-ide sentral yang ditimbulkan oleh Weber di Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme harus dilakukan dengan beberapa isu penting.

Salah satu aspek dari buku hubungannya dengan gagasan Weber rasionalitas dan rasionalisasi . Weber melihat kapitalisme memiliki bagian dari luas berusaha untuk mengatur masyarakat dan kehidupan ekonomi secara rasional. Protestan datang ke dalam gambar sebagai upaya paralel dalam modernitas untuk mengatur kehidupan beragama dengan cara yang rasional.

Aspek lain dari Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme adalah pertanyaan tentang pembenaran kapitalisme. Weber menemukan jawaban atas pertanyaan ini dalam hubungan tiga sisi antara kapitalisme modern (sistem untuk mengatur kehidupan ekonomi), semangat kapitalisme (himpunan ide-ide yang memberikan pembenaran kapitalisme modern), dan Etika Protestan (sikap agama terhadap dunia ini dan berikutnya di mana semangat kapitalisme didasarkan).

Sumber
https://irfanwineers.wordpress.com
http://theprakarsa.org/

Mata Kuliah LEB Supawi Pawenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar