ANTARA News

Jumat, 25 Maret 2016

Rasionalitas, Rasionalisasi dan Modernitas


Tiga isu utama yang menjadi perhatian pusat untuk Max Weber: peran gagasan dalam sejarah dan realitas sosial, sifat kekuasaan dan kekuatan struktur, dan metodologi ilmu-ilmu sosial (lihat gagasannya pada ethnomethodolgy ).

" Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme " harus dilakukan dengan Max Weber perhatian pertama 's - cara dengan mana ide-ide dan persepsi berfungsi dalam sejarah. Central keasyikan ini adalah gagasan rasionalitas dan rasionalisasi dalam modernitas.

Protestan Ethic dan Spirit of penawaran Kapitalisme dengan munculnya kapitalisme di bangun dari revolusi Protestan. Agenda Weber adalah untuk menunjukkan bagaimana proses agama atau ideologi dapat dikaitkan dengan salah satu politik dan / atau ekonomi. Tapi yang lebih penting tentang Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme adalah cara di mana Weber melihat kapitalisme dan Protestan sebagai bagian dari proses besar "rasionalisasi".



Tidak seperti Karl Marx, Weber memandang kapitalisme tidak sebagai fitur bahan utama masyarakat modern tetapi sebagai salah satu aspek dari proses yang lebih besar dari rasionalisasi yang telah datang untuk mendominasi pemikiran modern dan masyarakat. Diskusi Weber tren ini dapat ditemukan dalam karyanya pada kedua ide dan kekuasaan, kapitalisme, Birokrasi dan Protestan adalah semua aspek saling rasionalisasi modern.

Weber tidak pernah benar-benar mendefinisikan "rasionalisasi,". Salah satu formulasi mungkin dari apa Weber dimaksud dalam "rasionalisasi" adalah membaca dengan teliti dari tujuan tertentu dengan cara sadar diri dan sistematis terorganisir. Lebih sederhana, 'rasional' menurut Weber adalah praktek apropriasi alat untuk mencapai tujuan.

Weber tidak menggunakan "rasionalisasi" dan "rasional" sebagai tentu hal pujian. Dia cukup ambivalen dan kritis tentang tindakan rasional terorganisir dan masyarakat benar-benar dirasionalisasikan sebagai tujuan akhir dari modernitas. Akibatnya, akun nya fitur unik rasional masyarakat barat pada awal Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme tidak berarti bahwa masyarakat Barat lebih baik daripada yang non-Barat, hanya berbeda dalam orientasi dan praktek mereka.

Rasionalitas dan rasionalisasi yang, menurut Weber, mewarisi fitur modernitas yang berusaha untuk diatur, dihitung mode utilitarian dan bergerak maju dari kehidupan pribadi dan sosial.

Mata Kuliah LEB Supawi Pawenang
www.uniba.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar