ANTARA News

Kamis, 03 Maret 2016

8 Prinsip Ergonomi



Ini ekspresi yang berarti melihat dunia melalui lensa dari prinsip-prinsip ergonomis fundamental. Setelah Anda tahu dan internalisasi prinsip-prinsip ergonomis, Anda tidak akan pernah ingin kembali.
Bayangkan saja berjalan melalui lantai pabrik dan langsung mampu mengidentifikasi faktor-faktor risiko yang berkontribusi terhadap cedera jaringan lunak dan gangguan.Melihat dunia melalui ergo mata adalah seperti mampu melihat luka potensial yang dapat merusak catatan keamanan bintang Anda sehingga Anda dapat secara proaktif melakukan perbaikan desain tempat kerja untuk mencegah hal itu terjadi.

Jadi, di sini adalah delapan prinsip ergonomis dasar untuk membantu Anda mengidentifikasi faktor risiko ergonomi dan mempertahankan catatan keamanan Anda.


Prinsip 1. Menjaga Postur Netral
Prinsip 2. Bekerja di Power / Comfort Zone
Prinsip ini sangat mirip dengan mempertahankan postur netral, tapi layak menguraikan pada di sini.
Angkat tangan Anda di atas kepala Anda selama 30 menit berikutnya
Tetap berdiri di posisi yang sama selama 8 jam berikutnya
Menulis dengan pensil selama 60 menit lurusPrinsip 4. Mengurangi Angkatan berlebihan
Prinsip 5. Kurangi Gerakan berlebihan
Prinsip 6. Minimalkan kontak Stres
Prinsip 7. Mengurangi Getaran berlebihan
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa paparan teratur dan sering ke getaran dapat mengakibatkan efek yang merugikan kesehatan permanen, yang paling mungkin terjadi ketika kontak dengan proses alat atau bekerja bergetar merupakan bagian rutin dan signifikan dari pekerjaan seseorang.
Prinsip 8. Memberikan pencahayaan yang memadai
Kesimpulan
postur netral adalah postur mana tubuh sejajar dan seimbang sementara baik duduk atau berdiri, menempatkan stres minimal pada tubuh dan menjaga sendi selaras.


postur netral meminimalkan stres diterapkan pada otot, tendon, saraf dan tulang dan memungkinkan untuk kontrol yang maksimum dan produksi kekuatan.


Kebalikan dari sikap netral adalah "postur canggung." Postur Canggung menjauh dari postur netral terhadap ekstrem di rentang gerak. Hal ini menempatkan tekanan lebih pada sistem muskuloskeletal pekerja, merupakan faktor risiko yang berkontribusi untuk Musculoskeletal Disorders (MSDs), dan harus dihindari.


Berikut ini adalah contoh Netral vs postur Canggung untuk pergelangan tangan, siku, bahu dan punggung. Bila Anda memakai "mata ergo" Anda, Anda akan segera mulai melihat ketika pekerja dalam postur canggung dan ketika mereka mempertahankan postur netral.





Netral dan canggung postur pergelangan tangan ( sumber )





Netral dan canggung postur siku ( sumber )





Netral dan canggung postur bahu ( sumber )





Netral dan canggung postur kembali ( sumber )





Pistol grip vs driver inline pegangan untuk mempertahankan postur netral





Zona daya untuk mengangkat dekat tubuh, antara mi-paha dan tinggi pertengahan dada. Zona ini adalah di mana lengan dan kembali dapat mengangkat paling dengan sedikit usaha.


Ini juga bisa disebut "zona berjabat tangan" atau "zona kenyamanan." Prinsipnya di sini adalah bahwa jika Anda dapat "berjabat tangan dengan pekerjaan Anda", Anda meminimalkan jangkauan yang berlebihan dan mempertahankan postur netral.


Bekerja dari zona kekuasaan / kenyamanan / jabat tangan memastikan bahwa Anda bekerja dari ketinggian yang tepat dan mencapai, yang mengurangi faktor risiko MSD dan memungkinkan untuk bekerja lebih efisien dan bebas rasa sakit.


Sekarang ketika Anda melihat pekerja yang bekerja dengan mencapai diperpanjang dan pada ketinggian yang tidak benar, Anda akan tahu bahwa mereka berada di luar zona kenyamanan dan faktor risiko mereka yang hadir.


Prinsip 3. Memungkinkan Gerakan dan Peregangan


Sistem muskuloskeletal sering disebut sebagai sistem gerak tubuh manusia, dan dirancang untuk bergerak.


Bekerja untuk jangka waktu yang lama dalam posisi statis akan menyebabkan tubuh Anda kelelahan. Ini adalah apa yang dikenal sebagai beban statis.


Sebagai contoh:


Jika Anda melakukan hal-hal, Anda akan mengalami beban statis. Beberapa detik pertama atau menit tampaknya tidak terlalu buruk, tetapi efek kumulatif memegang posisi ini tampaknya bebas stres dari waktu ke waktu akan menyebabkan kelelahan dan ketidaknyamanan.


Sekarang, apa hal pertama yang Anda alami akan lakukan setelah Anda ketika Anda selesai dengan tugas-tugas ini?


Anda akan meregangkan.


Anda akan meregangkan bahu dan punggung. Anda akan meregangkan kaki Anda dan mungkin melakukan beberapa squats. Anda akan meregangkan jari-jari dan pergelangan tangan.


Peregangan mengurangi kelelahan, meningkatkan keseimbangan otot dan postur tubuh dan meningkatkan koordinasi otot. Setiap orang atlet dalam hidup, sehingga Anda perlu mempersiapkan tubuh Anda untuk bekerja dengan pemanasan untuk meningkatkan kinerja dan risiko cedera lebih rendah. Sebuah rejimen peregangan pemanasan adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan tubuh Anda untuk bekerja.


Hal ini juga bermanfaat untuk mengambil peregangan istirahat periodik selama hari kerja Anda untuk mendapatkan darah bergerak dan mengembalikan energi Anda.


kekuatan yang berlebihan merupakan salah satu faktor risiko ergonomi utama. Banyak tugas pekerjaan membutuhkan beban kekuatan tinggi pada tubuh manusia. meningkat upaya otot dalam menanggapi persyaratan kekuatan tinggi yang meningkatkan kelelahan dan resiko dari MSD.


Ada banyak kondisi yang mempengaruhi kekuatan, tetapi gagasan adalah untuk mengenali kapan pekerjaan atau tugas membutuhkan kekuatan yang berlebihan dan kemudian mencari cara untuk mengurangi kekuatan yang.


Menghilangkan persyaratan kekuatan yang berlebihan akan mengurangi kelelahan pekerja dan risiko pembentukan MSD di sebagian besar pekerja. Menggunakan assist mekanik, sistem kontra keseimbangan, tinggi disesuaikan angkat meja dan workstation, peralatan bertenaga dan alat ergonomis akan mengurangi usaha kerja dan pengerahan tenaga otot.


gerakan berulang merupakan salah satu dari faktor risiko ergonomi utama. Banyak tugas pekerjaan dan siklus yang berulang-ulang di alam, dan sering dikendalikan oleh target produksi per jam atau harian dan proses kerja. Tugas tinggi pengulangan, bila dikombinasikan dengan risiko lainnya faktor kekuatan tinggi dan / atau postur canggung, dapat berkontribusi untuk pembentukan MSD. Sebuah pekerjaan dianggap sangat berulang-ulang jika waktu siklus adalah 30 detik atau kurang.


gerakan berlebihan atau tidak perlu harus dikurangi jika mungkin. Dalam situasi di mana hal ini tidak mungkin, adalah penting untuk menghilangkan persyaratan kekuatan yang berlebihan dan postur canggung.


metode kontrol lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah pembesaran Job, rotasi pekerjaan dan menetralkan stretch istirahat.


Menurut OSHA , hubungi hasil stres dari kontak terus-menerus atau menggosok antara keras atau tajam benda / permukaan dan jaringan tubuh yang sensitif, seperti jaringan lunak dari jari-jari, telapak tangan, paha dan kaki. kontak ini menciptakan tekanan lokal untuk area kecil dari tubuh, yang dapat menghambat darah, fungsi saraf, atau gerakan tendon dan otot.


Contoh stres kontak termasuk pergelangan tangan beristirahat di tepi yang tajam dari meja atau workstation saat melakukan tugas, menekan alat menangani ke telapak tangan, terutama ketika mereka tidak dapat meletakkan, tugas-tugas yang membutuhkan tangan palu, dan duduk tanpa ruang yang cukup untuk lutut .





Tangan-lengan getaran dapat menyebabkan berbagai kondisi yang dikenal sebagai sindrom tangan-lengan getaran (HAVS), serta penyakit tertentu seperti jari putih atau sindrom Raynaud, carpel tunnel syndrome dan tendinitis. sindrom getaran memiliki efek peredaran darah dan saraf yang merugikan di jari. Tanda-tanda dan gejala termasuk mati rasa, nyeri, dan blanching (pucat dan pucat).


pencahayaan yang buruk adalah masalah umum di tempat kerja yang dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan pekerja dan kinerja. Terlalu banyak atau terlalu sedikit cahaya membuat pekerjaan sulit - bayangkan mencoba untuk melakukan pekerjaan Anda tanpa terlihat!


wilayah kerja remang-remang dan silau dapat menyebabkan kelelahan mata dan sakit kepala dan daerah tidak benar menyala membuat pekerja memiliki resiko yang lebih besar untuk semua jenis cedera.


Menyediakan pekerja dengan tugas pencahayaan disesuaikan sering solusi sederhana untuk masalah pencahayaan. Pada komputer workstation, mengambil langkah-langkah untuk mengontrol silau layar, dan pastikan bahwa monitor tidak ditempatkan di depan jendela atau latar belakang terang.


Ergonomi tidak harus menjadi sulit atau rumit seperti operasi otak. Prinsip-prinsip ergonomis termasuk dalam artikel ini adalah akal kebanyakan umum - itu adalah praktis, aplikasi sehari-hari prinsip-prinsip ini yang menantang bagi banyak perusahaan.


Dengan mengembangkan "mata ergo" dan mengikuti prinsip-prinsip ergonomis dasar ini, Anda dapat membantu perusahaan Anda mengidentifikasi faktor risiko yang seringkali terjadi tanpa disadari, mengukur bahwa risiko dengan evaluasi ergonomis objektif dan menerapkan langkah-langkah pengendalian untuk mengurangi / menghilangkan faktor risiko ergonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar