ANTARA News

Kamis, 03 Maret 2016

Ergonomi, catatan kecil

Ergonomi adalah proses merancang atau mengatur tempat kerja, produk dan sistem sehingga mereka cocok dengan orang-orang yang menggunakannya.
Kebanyakan orang telah mendengar tentang ergonomi dan berpikir itu adalah sesuatu yang harus dilakukan dengan duduk atau dengan desain kontrol mobil dan instrumen - dan itu adalah ... tapi itu jauh lebih banyak. Ergonomi berlaku untukdesain apa pun yang melibatkan orang - ruang kerja, olahraga dan rekreasi, kesehatan dan keselamatan .
Ergonomi (atau 'faktor manusia' seperti yang dimaksud di Amerika Utara) adalah cabang ilmu yang bertujuan untuk mempelajari kemampuan manusia dan keterbatasan, dan kemudian menerapkan pembelajaran ini untuk meningkatkan interaksi masyarakat dengan produk, sistem dan lingkungan.
Ergonomi bertujuan untuk meningkatkan ruang kerja dan lingkungan untuk meminimalkan risiko cedera atau bahaya. Jadi sebagai teknologi berubah, demikian juga kebutuhan untuk memastikan bahwa alat yang kita mengakses untuk bekerja, istirahat dan bermain dirancang untuk kebutuhan tubuh kita.
Mengapa Ergonomi penting?

Di tempat kerja: Menurut Aman Work Australia , total biaya ekonomi cedera yang berhubungan dengan pekerjaan dan penyakit diperkirakan menjadi $ 60 miliar dolar. Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa nyeri punggung bawah adalah kecacatan yang berhubungan dengan pekerjaan yang paling umum di dunia - yang mempengaruhi karyawan dari kantor, membangun situs dan dalam kategori risiko tinggi, pertanian.
Ergonomi bertujuan untuk menciptakan aman, nyaman dan produktif ruang kerja dengan membawa kemampuan manusia dan keterbatasan ke desain dari ruang kerja, termasuk ukuran individu tubuh, kekuatan, keterampilan, kecepatan, kemampuan sensorik (penglihatan, pendengaran), dan bahkan sikap.
Pada populasi yang lebih besar: Jumlah orang di Australia yang berusia 75 dan lebih dari diperkirakan dua kali lipat selama 50 tahun ke depan. Dengan ini, peralatan, layanan dan sistem akan perlu dirancang untuk mengakomodasi meningkatnya kebutuhan populasi yang menua, berlaku untuk angkutan umum, fasilitas gedung, dan ruang hidup.
Bagaimana ergonomi bekerja?
Ergonomi adalah cabang yang relatif baru dari ilmu yang merayakan ulang tahun ke-50 pada tahun 1999, tetapi bergantung pada penelitian yang dilakukan di banyak lainnya yang lebih tua, didirikan bidang ilmiah, seperti teknik, fisiologi dan psikologi.
Untuk mencapai praktek terbaik desain , Ergonomists menggunakan data dan teknik dari beberapa disiplin:
  • antropometri: ukuran tubuh, bentuk; populasi dan variasi
  • biomekanik: otot, tuas, kekuatan, kekuatan
  • fisika lingkungan: kebisingan, cahaya, panas, dingin, radiasi, sistem tubuh getaran: pendengaran, penglihatan, sensasi
  • psikologi terapan: keterampilan, belajar, kesalahan, perbedaan
  • psikologi sosial: kelompok, komunikasi, pembelajaran, perilaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar